Sunday, October 29, 2017

Ini Dokumen CIA Terkait JFK yang Sebut Plot Pembunuhan Sukarno


Hobi4D, Washington DC - Dari ribuan dokumen rahasia terkaid pembunuhan Presiden ke-35 Amerika serikat (AS) John F Kennedy atau JFK, terdapat salah satu yang membahas rencana pembunuhan asing. Salah satunya menyinggung soal rencana pembunuhan Presiden pertama RI Sukarno.


Pembahasan rencana pembunuhan sukarno disebut dalam dokumen tahun 1975 berjudul 'Summary of  Facts -- Investigation of CIA Involvement in Plans to Assassinate Foreign Leaders'.


Dokumen CIA yang membahas rencana pembunuhan sukarno ini berasal dari tahun 1975 Foto :Screenshot form
www.archives.gov
Dokumen setebal 83 halaman ini juga membahas soal rencana pembunuhan Presiden Kuba Fidel Castro juga dugaan keterlibatan CIA dalam kematian Patrice Lumumba, peminpin kemerdekaan Kongo yang juga Perdana Menteri Kongo pertama yang terpilih secara demokratis. Lumumba dibunuh pada 17 January 1961.


"Komisi tidak menemukan bukti apapun yang menunjukan CIA terlibat dalam pembunuhan itu, meskipun tidak ada bukti sebelum kematian Lumumba bahwa beberapa personel CIA dan beberapa pihak lainnya membahas kemungkinan melakukan rencana untuk membunuh Lumumba," demikian bunyi dokumen bertanggal 30 Mei 1975 itu.
    Dokumen CIA yang membahas rencana pembunuhan Sukano ini berlabel 'Top Secret'  Foto : Screenshot form www.archives.gov


Dokumen berlabel 'Top Secret'  ini pada intinya membahas soal penyelidikan Komisi CIA terhadap dugaan keterlibatan CIA dalam rencana-rencana pembunuhan beberapa pemimpin asing pada saat itu.

Dalam dokumen itu, Richard Bissell selaku Deputi Direktu Perencanaan CIA saat itu,  memberikan testimoni bahwa sempat ada pembahasan di dalam tubuh CIA soal rencana pembunuhan Presiden RI saat itu, Sukarno.


"Bissell juga menyebut ada diskusi dalam lembaga (CIA) soal kemungkinan sebuah percobaan terhadap kehidupan Presiden Indonesia Sukarno, yang 'telah mencapai indentifikasi seorang aset yang merasa mungkin akan direkrut untuk tujuan ini. Rencana itu tidap pernah tercapai, tidak pernah disempurnakan hingga ke titik dimana  rencana itu mungkin dilakukan'. Dia (Bissell-red) mengatakan lembaga (CIA) 'sama sekali tidak terkait' dengan kematian Sukarno," demikian bunyi dokumen itu.


Dokumen ini bisa diakses pada publik pada situs resmi Arsip Nasional AS Foto: Screenshot form www.archives.com


Dokumen Cia itu  menegaskan, rencana pembunuhan terhadap Lumumba dan Sukarno tidak pernah sampai pada tahap realisasi.

"Terkait kedua rencana itu, dia (Bissell) menyatakan tidak ada rencana pembunuhan yang dilakukan tanpa izin pihak dari luar lembaga (CIA), dan tidak ada izin semacam itu yang diambil untuk rencana-rencana terdahap Lumumba atau Sukarno," imbuh dokumen itu.

"Mengingat Komisi tidak menemukan alasan untuk membawa persoalan Sukarno dan Lumumba ke dalam kerangka otoritas penyelidikan, tidak ada penyelidikan lebih lanjut yang dilakukan terhadap dua area ini," sebut dokumen CIA itu.





Dokumen CIA ini merupakan bagian dari 2.981 dokumen rahasia terkait pembunuhan JFK yang dirilis pemerintah AS pada Kamis (26/10) malam waktu setempat. JFK tewas ditembak di Dallas, Texas, pada 22 November 1963 silam. Perilisan dokumen ini merupakan bagian dari pemerintah Kongres AS sejak tahun 1992, yang memutuskan seluruh dokumen terkait pembunuhan JFK harus dibuka ke publik.

No comments:

Post a Comment